• Kebijakan Privasi
  • Tentang Kami
  • Disclaimer
Tuesday, July 1, 2025
  • Login
Sneakers.co.id
  • Fashion
  • Sneakers
  • Culture
  • Local Pride
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
  • Fashion
  • Sneakers
  • Culture
  • Local Pride
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
No Result
View All Result
Home Artikel

BAPE – Kisah Brand Ikonik A Bathing Ape

sneakers.co.id by sneakers.co.id
April 18, 2021
in Artikel, BAPE
Reading Time: 4 mins read
4
SHARES
4.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare On PinterestShare On WhatsappShare on Linkedin

Sneakers.co.id – BAPE atau A Bathing Ape adalah perusahaan pakaian Japan yang berspesialisasi dalam urban street fashion. Di Indonesia bape sangat dikenal sebagai salah satu merek branded.

[lwptoc]

Jika kita coba telusuri awal mula merek BAPE, maka kita akan dibawa kembali ke daerah Harajuku Shibuya di Tokyo Japan dan merupakan salah satu pelopor merek urban fashion Jepang yang dimulai pada awal 1990-an. Sementara pengaruh logo dan gayanya berasal dari film Planet of the Apes, Bape lebih dikenal karena penggunaan produksi yang sangat terbatas sehingga permintaan produk-produknya meroket.

SEJARAH SINGKAT BAPE – A APE BATHING

Nama lengkap merek ini adalah A Bathing Ape di Lukewarm Water dan didirikan oleh Nigo pada tahun 1993. Desainer, produser, drummer, dan DJ ini telah menjadi bagian aktif dari Teriyaki Boyz, grup hip-pop Jepang yang berasal dari Yokohama yang berkontribusi pada OST Fast & Furious – Tokyo Drift. BAPE bermula dari gagasan dua siswa yang bersekolah di sekolah yang sama dan idenya berbentuk toko di Harajuku bernama NOWHERE – merek yang nantinya akan dihidupkan kembali oleh Nigo dan senior sekolahnya, Jun Takahashi dari ketenaran UNDERCOVER.

Nama BAPE terinspirasi dari gaya hidup memanjakan, kemewahan, dan malas dari pemuda Jepang dari sudut oandang Nigo. Yaitu pandangan Nigo terhadap metode mandi Jepang di mana mandi di air suam-suam kuku dianggap sebagai kesenangan berlebihan / kemewahan.

Pada awalnya, merek mempertahankan pendekatan pemasaran yang cerdas dengan tetap underground dan menjual dengan volume rendah. Awalnya, mereka bahkan tidak mengiklankan merek melalui media massa tradisional tetapi kemudian mengejutkan dunia dengan kolaborasi Pepsi pada tahun 2001. Sejak itu BAPE menjadi pusat perhatian.

jaket bape japan
image via supreme_canada

Tepat 10 tahun kemudian, Bape menghantam pantai Amerika ketika ikon hip-hop Pharrell Williams dan Nigo bergabung yang akhirnya menjadi co-owner dan kepala desainer dari lini pakaian Pharrell’s Billionaire Boys Club. Ini agak kontra-intuitif untuk Nigo karena langkah tersebut menghasilkan produksi massal.

Merek Jepang pada umumnya cenderung lebih fokus pada aspek kreatif dari pekerjaan mereka daripada menghasilkan uang dengan cepat. Inilah alasan mengapa merek Jepang membutuhkan waktu lebih lama untuk menskala secara global. Terlepas dari itu, pasar massal AS membawa banyak kesuksesan bagi BAPE tetapi setelah beberapa tahun, mulai gagal. Ketika permintaan turun, merek tersebut mengalami penurunan nilai dan mengakibatkan Nigo menjual 90,27% sahamnya kepada raksasa Fashion Hong Kong I.T sebesar $ 2,8 juta (USD) pada tahun 2011.

Merek ini juga menelurkan garis alternatif yang disebut Aape yang merupakan koleksi lebih banyak pakaian kasual dari A Bathing Ape dan berfokus pada kenyamanan dan bahan yang lebih ringan. Baris lain yang disebut Mr. Bathing Ape menempel pada barang dan kemeja yang sedikit lebih premium, dll

Pharrel n Nigo

Tentang TOMOAKI “NIGO” NAGAO

Nigo lahir pada tahun 1970 di Maebashi, Jepang. Meskipun ia sebagian besar dikenal karena keterlibatannya dengan Bape, ada beberapa aspek lain dalam karirnya. Dia adalah DJ untuk Teriyaki Boyz, memiliki label rekaman, adalah seorang drummer, adalah desainer utama untuk Billionaire Boys Club dan Human Made yang keduanya merupakan merek Pharrell William, dan memiliki acara TV sendiri bernama Nigoldeneye di MTV Jepang. Dia juga dikenal sebagai penggemar Star Wars.

Pakaian dan Sepatu Bape masih sangat mahal untuk ukuran kantong kita. Di Indonesia sendiri mulai banyak diperjualbelikan beberapa tahun belakanga. Para hypebeast dan sneakerhead Jakarta dan kota besar lain di Indonesia paling tidak punya koleksi BAPE. Belakangan sering terlihat di instagram juga cewek-cewek cantik dengan hoodie camo shark.

Jadi kita bisa sampai pada kesimpulan, meskipun eksklusivitas merek telah menurun banyak selama bertahun-tahun, apa pun yang berkaitan dengan camo sebagai ciri khas dari merek ini masih laku keras Sementara Nigo sang pendiri asli telah pindah fokus ke hal-hal lain. Walau begitu kita semua akan mengakui Nigo adalah sosok jenius dan masih terus mengukir sejarah untuk urban culture Japan maupub seluruh dunia.

Hingga kini BAPE masih berkibar dan menghasilkan kolaborasi yang mengejutkan. Awal tahun lalu BAPE berkolaborasi dengan Adidas melalui Adidas Football by BAPE. Sekali lagi perpaduan antara olah raga dan urban culture.

adidas x bape

 

bape x adidas

bape x adidas

Harga Bape 2020

 

[content-egg-block template=offers_grid]

 

Bape Japan

sneakers.co.id

sneakers.co.id

Sneakers.co.id selalu berbagi berita terkini, informasi, dan rilis model terbaru sepatu sneakers dari seluruh dunia. Mulai dari merk sepatu Adidas, Nike, Asics, Reebok, Air Jordan, Vans, hingga Piero, dll.

Instagram

Follow

  • For some, Work hours are over means going home. For Gilang, it ends with a pause; a moment to breathe, think, and reset. Houm Coffee isn’t just a stop. It’s his chosen space. A personal transit before the next move. This is his Daily Transit. What’s your version of Daily Transit? Drop it in the comments! #SneakersToWork #DailyTransit 

Houm Coffee
Jl. Dharmawangsa VIII no.24

Follow @sneakerstowork.id for the next stop on Daily Transit.

Special thanks to our humble guest @gilbhas Gilang Bhaskara, and to @chaka.ramadhan Chaka Ramadhan for connecting us with our first transit space, @houm.coffee Houm Coffee. And last shoutout to Archie @mr_mdrfkr for the music in this video
  • Welcome to the second episode of UNBOXED by Sneakers To Work! In this episode, we take a closer look at a local brand that’s known for its leather shoes, now stepping into the sneakers scene. Say hello to Prabu Awan.

@prabu.indonesia started back in 2019 by @iamlisayumi, building its name through formal and semi-formal shoes with in-house production. Now, they’re expanding their DNA into daily sneakers, and the details speak volumes!

Let see what makes this pair stand out.

#SneakersToWok #Unboxed #PrabuAwan
  • Seto Adi Witonoyo @setoadiwitonoyo founder of @satucollective Satu Collective and Director of Professional Code of Ethics at ADGI, has spent over 15 years shaping design that’s rooted in clarity, curiosity, and cultural nuance. From national exhibitions to brand identities, his work balances visual form and systems thinking.

His daily rotation on shoes? Vans Authentic, whether from the Vault, Classic, Van Doren, or 44 DX Anaheim lines. Sometimes Nike classic or well-worn pair of Converse makes the cut. His style is consistent, functional, and quietly refined. For someone always navigating between visual culture and ethical frameworks, comfort isn’t just a detail, it’s part of his rhythm. #SneakersToWork #TheHustler 

Follow @sneakerstowork.id and be part of the movement
  • Meet @syagini better known as Cagi, who’s showing her latest work ‘The Labyrinth I Become’ at ARTJOG 2025. But it’s not just her paintings that catches your eye, Cagi showed up with a style tennis-inspired goods that’s equal parts playful and precise. Clean lines, sporty layers, and a touch of elegance. Stylish and timeless. Her look that might just inspire your next style to try. #peoplestyle #SneakersToWork

Here’s what she’s wearing:
1. GOENA Isla Raglan Short Sleeve Top
2. Lululemon Pleated Tennis Skirt
3. Lululemon Fast and Free Running Hat
4. SRW Bowling Cargo Bag
5. Miu Miu Tyre Ballerinas
  • Work shoes used to mean polished leather and formal silhouettes. But times change, and so does the way we work. More flexible and more dynamic. And @prabu.indonesia noticed. They’re keeps innovating with stylish work shoes, from formal to sneakers. They’re not just following trends, but creating one. From the lightweight and breathable Awan, it’s clear Prabu is boldly embracing change. And soon, we’ll open the box to find out just how serious they are about this new sneaker chapter. So, stay tuned..

#SneakersToWork
  • Sneakers used to be about hype.
Now? It’s about comfort that lasts from your first coffee to your last email.

Soft soles, breathable uppers, silhouettes that fit the street and the office.
We’re living in the era of comfort-first, and finally, sneakers are catching up.

Image courtesy of Kenta Sawada · Popeye Magazine, Jeff Staple, Asphaltgold
#SneakersToWork
  • As co-founder of @buru.studio and @permenentfragrance , Krisna Ruby’s @51dji work lives where visuals meet routines to build brands that stay with you. From crafting scent stories to fashion and apparel inspired by music, art, and local culture, Krisna moves with quiet consistency.

As for shoes? Always something simple: Vans Slip-Ons, Vans Authentics, or G.H. Bass Weejuns loafers. The kind of footwear that matches his work rhythm; flexible and made for movement. Nothing flashy. Just thoughtful steps. #SneakersToWork #TheHustler

Follow @sneakerstowork.id and be part of the movement
  • The right pair of shoe does more than just fit in. It moves with you.
Just need one pair that fits every scene:
* Sleek enough for the office
* Comfy enough for long commutes
* Built to handle light workouts
* Stylish enough for after-hours
Swipe for our top picks!
#SneakersToWork #functionalshoes
  • Sportswear has become the modern uniform in work attire and On is right at the heart of that shift. Blurring the line between performance and lifestyle, the brand has redefined everyday comfort with a fashion-forward edge. With favorite silhouettes like the Cloudmonster, Cloudwander, Cloudsurfer, Cloud 5, etc.

From morning run, commute, work and after hours, one pair that does it all. Here’s what makes a shoe truly versatile.

Image courtesy of @on @orp_indonesia

#SneakersToWork #on #oncloud #versatileshoes
Sneakers.co.id

Sneakers.co.id adalah web portal yang menyajikan Berita Informasi Review dan Rilis Model Sepatu Sneakers Terbaru dari Nike, Adidas, Asics, Vans, Reebok, Puma, Yeezy, Saucony, Jordan, Piero, dll

© since 2014 | sneakers.co.id - Created with coffee by digitalbisnis.id.

Join the Movement

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Fashion
  • Sneakers
  • Culture
  • Local Pride
Sneakers To Work
Join the movement

© © 2014-2025 Sneakers.co.id - - Created with coffee by Digitalbisnis.id.