• Kebijakan Privasi
  • Tentang Kami
  • Disclaimer
Monday, May 19, 2025
  • Login
Sneakers.co.id
  • Brand
    • Airwalk
    • BAPE
    • Diadora
    • New Balance
    • Nike
    • Off White
    • Prada
    • Puma
    • Reebok
    • undefeat
    • Vans
    • Y-3
    • Yeezy
  • Rilis Terbaru
  • Fashion
  • Local Pride
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
  • Brand
    • Airwalk
    • BAPE
    • Diadora
    • New Balance
    • Nike
    • Off White
    • Prada
    • Puma
    • Reebok
    • undefeat
    • Vans
    • Y-3
    • Yeezy
  • Rilis Terbaru
  • Fashion
  • Local Pride
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
No Result
View All Result
Home Artikel

Sejarah Perkembangan Brand Nike

sneakers.co.id by sneakers.co.id
April 18, 2021
in Artikel, Nike
0
SHARES
5.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare On PinterestShare On WhatsappShare on Linkedin

Sneakers.co.id – Siapa yang ngga kenal dengan lambang kenamaan SWOOSH yang ternama ini? Well this is their story.

sejarah nike sejarah nike

Sejarah Nike, pada awal berdiri dikenal sebagai Blue Ribbon Sports, atlet trek Philip Knight dan pelatihnya, Bill Bowerman dari University of Oregon adalah pendiri perusahaan ini pada Januari 1964.

 

Perusahaan ini sebelumnya merupakan distributor untuk sepatu Jepang Onitsuka Tiger.

blue ribbon sport, sejarah nike

Revenue perusahaan tumbuh secara signifikan, sehingga pada tahun 1966, BRS membuka toko ritel pertama yang ada di Pico Boulevard, Santa Monica, California. Kerjasama antara BRS dan Onitsuka Tiger mulai merenggang pada tahun 1971. Kemudian BRS bersiap untuk memulai perusahaan sepatu sendiri. Sepatu sepak bola bernama “Nike”, adalah produk pertama BRS, yang dirilis pada musim panas 1971.

Secara resmi Februari 1972, BRS perkenalkan merk Nike. Nike berasal dari dewi kemenangan Yunani. Pada tahap selanjutnya, BRS, Inc kemudian secara resmi berganti nama menjadi Nike, Inc, pada tahun 1978. Ilie Năstase, merupakan atlet profesional yang mengawali kontrak dengan BRS/Nike.

the-brand-brief-for-nikes-just-do-it-campaign

Strategi brand ambassador atlet tampaknya menjadi strategi pemasaran utama yang mempengaruhi sejaarah pertumbuhan Nike. Hal ini disebabkan karena kebanyakan atlet memilih sepatu yang terbaik untuk mereka pakai. Sehingga Nike mulai mensponsori atlet. Selanjutnya sepatu Nike mensponsori John McEnroe, seorang petenis yang sedang mendapat perhatian pada saat itu karena dia akan terus-menerus menyumpah di depan wasit saat bermain.

Tahun1979, Nike menjadi sepatu lari paling populer di negara-negara bagian. Pada perjalanannya sekarang Nike tidak hanya menjual sepatu, mereka mulai menjual Nike pakaian dan peralatan olahraga bagi kebanyakan olahraga. Namun popularitas Nike itu tidak cukup memuaskan. Reebok akhirnya melampaui penjualan sepatu Nike, hal itu cukup mengganggu Nike. Nike akhirnya membuat sepatu khusus untuk setiap cabang olahraga dan aktifitas.

jordan, sejarah nikeInovasi terbesar Nike adalah Michael Jordan, kontrak ini ditandatangani langsung oleh University of North Carolina. Hal ini lah yang membuat Nike unggul dalam berkompetisi dengan Reebok. Michael Jordan memang terkenal, namun bukan pilihan utama Phil Knight. Nike berusaha untuk mendapatkan Larry Bird dan Magic Johnson, 2 dari atlet yang sangat populer pada saat itu.

Nike telah mencapai 50% pangsa pasar di Amerika Serikat pasar sepatu atletik, dan perusahaan go public pada bulan Desember tahun1980. Keberhasilan luas pangsa pasar Nike sebagian besar disebabkan oleh iklan ‘word-of-foot’ (mengutip sebuah iklan cetak Nike dari akhir 1970-an), daripada iklan televisi. Iklan televisi nasional pertama Nike dimulai pada bulan Oktober 1982 selama siaran dari New York Marathon. Iklan ini dibuat oleh biro iklan Wieden+Kennedy, yang terbentuk beberapa bulan sebelumnya pada April 1982.

Nike dan Wieden+Kennedy telah menciptakan banyak iklan cetak dan televisi yg dikenang dan terus menjadi agensi utama Nike saat ini. Wieden lah yang menciptakan slogan terkenal “Just Do It” untuk kampanye iklan Nike tahun 1988, yang dipilih oleh Advertising Age sebagai salah satu top 5 slogan iklan di abad 20, dan kampanye itu telah telah diabadikan dalam Smithsonian Institution.

The Swoosh

Sejarah Nike mencatat, Desain “Swoosh” diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, mahasiswa desain grafis di Portland State University. Pertemuannya dengan Phil Knight terjadi pada sebuah kelas akuntansi dan ia mulai melakukan beberapa pekerjaan freelance untuk Blue Ribbon Sports (BRS). Logo Nike “Swoosh” merepresentasikan sayap di patung Dewi kemenangan Yunani yg terkenal, Nike, yang merupakan sumber inspirasi bagi banyak pejuang besar dan berani.

sejarah logo nike

Sejarah Nike berlanjut pada tahun 1972 ketika BRS memutuskan untuk membuat sepatu atletik sendiri, BRS merasa perlu membuat brand baru untuk lini bisnis tersebut. Knight kemudian mendekati Davidson untuk mendapatkan ide-ide desain. Pada Juni 1972, Davidson menyajikan sejumlah pilihan desain Knight dan eksekutif BRS lain, dan mereka akhirnya memilih merek global sekarang dikenal sebagai Swoosh. Davidson mengajukan tagihan sebesar $ 35 untuk pekerjaan tersebut.

Sepatu lari pertama yg memakai logo Swoosh diperkenalkan di US Track and Field Olympic Trials di Eugene, Oregon, pada Juni 1972. Hingga hari ini Nike masih terus menggunakan merek ini.

sneakers.co.id

sneakers.co.id

Sneakers.co.id selalu berbagi berita terkini, informasi, dan rilis model terbaru sepatu sneakers dari seluruh dunia. Mulai dari merk sepatu Adidas, Nike, Asics, Reebok, Air Jordan, Vans, hingga Piero, dll.

Instagram

Follow

  • Sneakers to Work goes to Makersday Takeover (May 10–11). We hit up one of the coolest weekend events packed with curated vintage fits, secondhand gems, rare jerseys, and stylish accessories held by @makna, @onceunseen, and @kulturekit. Hats off! 

From digging through racks to catching inspiring talk shows and cool sharing session with @indosneakerteam_ and @dr.tirta, it was a celebration of local creativity, culture, and community—right where passion meets fashion. 

#SneakersToWork #MakersdayTakeover
  • Sepatu outdoor, tapi vibes-nya harian? Bisa banget.
Jogger 24 Trac dari Piero hadir buat kamu yang ingin tampil rugged tanpa harus naik gunung dulu 🥾🌆

Siluetnya bold, warnanya earthy (Brown/Black/Grey), dan yang paling penting: nyaman buat dipakai ngantor, nongkrong, sampai city walk sore-sore.
Kalau sneakers biasanya kasih kesan sporty atau minimalis, sepatu ini bawa nuansa trail-core—pas buat yang pengin tampil beda tapi tetap wearable.

Explore gaya kamu di luar mainstream 👣
Would you wear this?

#PieroIndonesia #Jogger24Trac #UrbanOutdoorStyle #SneakersToWork
  • Setiap langkah kini jauh lebih penuh energi ditambah bantalan super empuk dengan kehadiran teknologi Impulse Foam+.

Maksimalkan olahragamu bersama @910shoes dengan edisi Haze Tempo

#910shoes #HazeTempo #SneakersToWork
  • Siap taklukkan segala medan dari momen ngantor hingga gigs kamu bersama @vans.indo 

Sepatu tangguh & fungsional ini hadir dengan anti-air, UltraCush™ nyaman, sol Vibram® kuat, dan Speedlace cepat untuk performa maksimal di setiap petualanganmu.

#Vans #VansIndonesia #SneakersToWork
  • From classrooms to boardrooms, own your steps. Ready to join #SneakersToWork ? Stay tuned!
  • Our @sneakers.co.id account got suspended. Which we realized.. We have to be bold, visionaries, and distinct. 

Just wait. We’re coming back soon!
Sneakers.co.id

Sneakers.co.id adalah web portal yang menyajikan Berita Informasi Review dan Rilis Model Sepatu Sneakers Terbaru dari Nike, Adidas, Asics, Vans, Reebok, Puma, Yeezy, Saucony, Jordan, Piero, dll

© 2023 sneakers.co.id - Created with coffee by digitalbisnis.id.

Subscribe Our Newsletter

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Brand
    • Airwalk
    • BAPE
    • Diadora
    • New Balance
    • Nike
    • Off White
    • Prada
    • Puma
    • Reebok
    • undefeat
    • Vans
    • Y-3
    • Yeezy
  • Rilis Terbaru
  • Fashion
  • Local Pride

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.

Go to mobile version