Wednesday, August 20, 2025
  • Login
Sneakers.co.id
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
No Result
View All Result
Home Artikel

Sepatu Compass – Kisah Sukses Sepatu Gaib

sneakers.co.id by sneakers.co.id
July 21, 2020
in Artikel, Compass, Local Pride
Reading Time: 4 mins read
6.8k
VIEWS
ShareShareShareShareShareShare

Sneakers.co.id – Tahun 2020 sepertinya masih menjadi tahun nya sepatu Compass, brand sepatu dari Bandung ini, merupakan besutan Gunawan Kahar sejak tahun 1998. Compass sempat membuat kehebohan di skena sneakers dengan pembatalan rilis kolaborasi mereka dengan Potmeetspop dan Old Blue co karena banyaknya antrian dan berpotensi chaos.

Lebih dari itu, pengembangan strategi marketing sepatu Compass yang brilian, konon yang membawa mereka pada titik sekarang. Karena justru diawal kemunculannya, merek ini pernah mengalami stagnasi pengembangan produk. Walaupun sepertinya saat itu juga dialami semua produk lokal karena gempuran produk sepatu impor sejak awal tahun 2000-an.

[lwptoc]

Nah, buat kalian yang penasaran seperti apa perjalanan sepatu Compass, kali ini sneakers.co.id akan mengulas merek sepaatu yang sempat ddisebut sepatu gaib karena saking sulinya dicari di pasaran.

Sejarah Sepatu Compass

Pada periode awal berdiri yaitu 1998, merek Compass sempat alami masa berat. Terlebih saat itu selain bersaing dengan produk sepatu impor, kita juga mengalami krisis ekonomi. Kebangkitan Compass diawali pada 2017 ketika Aji Handoko sang creative director bergabung dan mengambangkan sisi kreatif dan strategi bisnis. Diyakini sosok Aji Handoko ada. dibalik suksesnya merek ini – seperti dilansir dari akun Youtube ‘Badass 23 Monkey’ 2019 lalu yang ternyata sejak kecil Aji sudah menyukai sepatu.

Aji Handoko

 

Aji Handoko bukan orang baru di industri sepatu, karyanya mulai dikenal luas sejak mendesain sepatu ARL. – saat itu Ariel NOAH menjadi ambassador. Konon ARL mengalami hambatan dalam hal produksi, selain itu. ekosistem industri sneakers bellum seperti sekarang.

Perjalanan sulit itu membawa Aji berjumpa dengan Kahar Gunawan, pemilik pabrik sepatu di Bandung yang bersedia memproduksi ARL. ARL dinilai berhasil dan membuat Gunawan dan Ajji menjalin kerja sama sejak 2017 untuk membangun kembali sepatu Compass yang sudah dimulai Gunawan sejak 1998.

Dilansir dari liputan 6 .com “Waktu itu pak Gunawan sudah hampir nyerah karena sering ditinggal rekan bisnisnya yang sudah sukses. Malahan istrinya sudah minta dia buat pensiun. Usaha terakhir pak Gunawan adalah berusaha menghidupkan kembali Compass karena ini adalah produksi dalam negeri dan diharapkan bisa sukses di negeri sendiri,” ujar Aji.

Aji mendapatkan kebebasan penuh mulai dari mendesain hingga membangun strategi marketing, Compass mulai meraih sukses pada 2018. Capaian ini tidak mengherankan, karena Aji merupakan pencinta sepatu sedari kecil. Bahkan, Aji kecil membawa sepatu saat tidur karena saking cintanya. Selain itu, buku gambarnya pun dipenuhi oleh gambar sepatu.

Kolaborasi Sepatu Compass

Keberhasilan Aji sepertinya bukan hanya pada produksi sepatu yang berkualitas. Keberhasilan merek Compass ada pada keberhasilannya membawa sepatu Compas sebagai simbol gaya hhidup yang sangat kuat. Jadi, seperti sekarang, sepatu Compass begitu dicari karena akhirnya ia bukan sekedar sepatu, tapi sudah menjadi simbol sneakershead yang memiliki #localpride.

Langkah-langkah pria kelahiran 31 tahun silam dalam membangun merek ini sangat terukur. Diawali dengan menghadirkan kolaborasi dengan sejumlah influencer dan sneakerhead Indonesia.Salah satunya adalah menggandeng Bryant Notodihardjo, influencer sekaligus social media manager L.O.C sehingga menghasilkan rilis Compass Bravo 001 .

Kolaborasi Compass yang menarik – bahkan bikin heboh – adalah desain untuk media komunitas denim, Darahku Biru. Dari kolaborasi dengan komunitas ini, muncul karya kolaborasi dengan Pot Meets Pop dan Compass 98 Vintage yang didesain oleh Old Blue Co.

Mengawali tahun 2020, mereka semakin memperkuat posisinya di skena sneakers dengan kolaborasi bersama Kelompok Penerbang Roket (KPR) – grup band asal jjakarta. Setiap versi dari kolaborasi ini didesain secara khusus menggambarkan kepribadian personel KPR yaitu Coki, Rey, dan juga Viki.

Bahkan kolaborasi ini memberikan pengalaman yang sangat lengkap karena peluncurannya sangat unik melalui tur Collaboration Meroket yang digelar di lima kota, yaitu Bandung, Surabaya, Makassar, Bali, dan Jakarta.

Sepatu Compass Sempat disebut sebagai Sepatu Gaib

Melejitnya sepatu Compass dan rentetan kolaborasi epic ini semakin mmemmbuat kompas semakin memmbanggakan. Seiring dengan itu, gerakan #IndoPride kemudian #Localpride sebagai wujud cinta produk lokal dan ekosistem dikampanyekan oleh komunitas juga sejumlah influencer membuat sepatu Compass semakin diburu.

Hingga pada satu titik muncul istilah Sepatu Gaib.

Mungkin karena banyak yang kesulitan ketika akan membeli sepatu ini.  Bagaimana tidak, pada setiap rilis tipe atau model terbaru sepatu Compass selalu habis dalam hitungan jam bahkan menit.

Strategi Produksi Sepatu Compass

Langkanya di pasaran, julukan sepatu gaib tampaknya justru karena Aji berusaha menjaga nilai perusahaan yang sudah berlaku belasan tahunn dari sepatu Compass sejak 1998. Spirit kekeluargaan tetap dipertahankan baik produksi maupun pemasaran. Sepertinya kekuatan brand sepatu Compass berawal dari sini.

Spirit dan nilai perusahaan inillah yang membawa Aji untuk menggunakkan tagline “Sepatu Rakyat” dan juga sebutan “Teman Compass” untuk pecinta sepatu ini. Aji dan manajemen perusahaan juga tidak mau langsung menaikan angka produksi melebihi kapasitas dan kemampuan sumber daya mereka, demi menjaga estafet perusahaan dari generasi ke generasi.

Kalau tahun lalu kapasitas produksinya sekitar 3000 pasang per bulan, saat ini kenaikan kapasitas produksi juga dibatasi 4500-5000 pasang per bulan. Strategi produksi ini dilakukan karena selain melihat kemampuan produksi, juga diharapkan standar kualitas sneakers yang dipasarkan tetap terjaga dan tidak mengecewakan teman Compass.

Nampaknya strategi ini sangat berhasil membawa sepatu Compass sebagai game changing untuk sepatu lokal.  Yup, kayaknya sebuah merek mendapatkan validasi ketika mereka memasuki permainan bisnis sneakers sepanjang masa. Resale!

Harga resale sepatu Compass bahkan bisa menembus angka 2 juta rupiah. Ga masuk akal? Tapi inilah ekosistem sneakers, semua merayakannya.

Review

sneakers.co.id

sneakers.co.id

Sneakers.co.id selalu berbagi berita terkini, informasi, dan rilis model terbaru sepatu sneakers dari seluruh dunia. Mulai dari merk sepatu Adidas, Nike, Asics, Reebok, Air Jordan, Vans, hingga Piero, dll.

Instagram

Follow

  • For many people, work has always been tied to rigid dress codes and formal routines. @kasual.id sees it differently—believing that your work style should reflect who you are: easygoing, adaptable, and confident.  KASUAL was built on this idea, proving that being productive doesn’t mean giving up comfort. You can look sharp, stay relaxed, and feel true to yourself all at once. #SneakersToWork
  • Welcome to the fifth episode of UNBOXED by Sneakers To Work, where we chat with @bowo456 from @pieroindonesia about their latest realesed Tanah Air Pack. A unique collection made with karung goni material. Inspired by the Independence Day theme without going for the typical red and white, the design embraces earth tone and neutral colors, tied to the traditional sack race.  The Piero Tanah Air Pack is designed to blend effortlessly with everyday style without overpowering it, proving that local design can remain relevant in modern workplaces by combining form, function, and cultural identity.  GIVEAWAY ALERT!
We’re giving away one pair of Piero Tanah Air Pack to one lucky winner.
Here’s how to join:
1. Follow @sneakerstowork.id
2. Drop a comment: What sneakers should we review next on UNBOXED?  Winner Announcement: August 22, 2025
  • Ready for the next episode of Unboxed? #SneakersToWork #Unboxed
  • Meet Reno Nismara, musician and vocalist of the Indonesian psychedelic rock band @crayolaeyes Crayola Eyes. When they take the stage, it’s more than a performance. It’s a full audiovisual statement, giving something special to the audience.  When it comes to style, Reno always dresses sharp, a blend of classic rock ‘n’ roll with a touch of indie influences, often incorporating sharp tailoring. Stylish presentation both on and off stage #peoplestyle #SneakersToWork  Here’s what he’s wearing:
Yes, all of them are from unknown brands, and he’s even forgotten where he got them. Always staying authentic and connected with the crowd. Whether under the spotlight, visual projections, or strobe lights. His style reminds us that work attire can be expressive, personal, and yes… be yourself.
  • “Sneakers used to be seen as unfit for work. Now they’re a stylish and functional choice.”  @bowo456 a shoe designer, believes the internet, global culture influences, and more relaxed office dress codes have pushed people toward comfortable footwear. With high mobility, commuting from Bogor or another city to Jakarta, standing in trains—people need shoes that support them all day.  Today’s trends are no longer one-way. Styles overlap, options are endless, and designers have more room to explore. A phenomenon that keeps the sneaker world alive and evolving. #SneakersToWork
  • For over a decade, @agam__________88 has been shaping the stride of Indonesia’s footwear scene. Building brands like Brodo, Ekuator, Manta, and Pakalolo. As a former product head of Brodo and brand director of Emba. His design philosophy? It’s never just about style, but about telling stories, carrying values, and creating lasting impact.  Today, his craft goes beyond shoes. As a certified fat-loss consultant with TWS, he guides people to transform their health, reclaim their energy, and design lives with purpose.  A father, a creator, and a believer that sneakers are more than fashion. They’re tools for comfort, movement, and long-term wellbeing. Good design should make you look good and feel good.  His personal favorite? The Pakalolo Galadriel Mix Leather, versatile enough to look mature, yet easy to pair with his simple style.#TheHustler #SneakersToWork
  • @pieroindonesia is often mistaken for a foreign brand because of its Italian-sounding name. But this homegrown sneaker label was born in Yogyakarta, founded by Djimanto in 1999. The name “Piero” comes from the Javanese word Oerip, meaning “life” a reflection of his mission to save a local shoe factory and 3,000 workers after the 1998 financial crisis.  Since then, Piero has grown through tough competition, global imports, and even a brief hiatus, yet stayed true to its roots: functional, bold, and adaptable. From futsal courts and city streets to today’s workspaces, Piero proves that local products can keep up with the world, without pretending to be anything else. #SneakersToWork
  • “Sound & Space”
For Raben, transit isn’t an escape. It’s part of the process. From full, to empty, then slowly back again. Laidback Blues Record Store is where things to refresh ideas. A quiet space to dig, breathe, and find new sounds that might just shape what’s next for his music. Sometimes, that’s all he need to keep going. #DailyTransit #SneakersToWork  Laidback Blues Record Store
Pasar Santa Modern Market Lt. 1 Blok AKS No.116-117  Special thanks to our humble friends @udasjam Samson Pho for giving us the space to make this happen, and to @abneraben for being our guest and creating music in this second episode.  Lastly, you can check out and listen to Raben’s music on platforms like Apple Music, YouTube, and Spotify.  Partnership w/ Bolt Panda @bolt.panda
  • “Is the sneakers to work movement too late?”  For dedehamzah, the answer is no. Back then, sneakers at work were mostly worn by higher-ups managers, CEOs. But now, more employees, especially in creative fields, are making sneakers part of their daily wear.  It’s not just about looks anymore. Sneakers have become performance gear and personal identity. You can tell a lot about someone, whether they’re sporty, casual, or something else, just by what they wear on their feet.  This isn’t late. It’s just the stage we’re in. And it’s growing. #SneakersToWork

Recent News

Air Jordan 2 “Louisville Slugger” PE: Tribute Keren untuk Warisan Baseball

Air Jordan 2 “Louisville Slugger” PE: Tribute Keren untuk Warisan Baseball

August 19, 2025
Puffer Reds x adidas Adistar “Track 45” Rayakan 45 Tahun Perjalanan di Detroit

Puffer Reds x adidas Adistar “Track 45” Rayakan 45 Tahun Perjalanan di Detroit

August 18, 2025

Toya Horiuchi Kasih Sentuhan Baru ke Ikon Timberland

August 18, 2025
Dari Panggung ke Streetwear: SZA Resmi Jadi Artistic Director Vans

Dari Panggung ke Streetwear: SZA Resmi Jadi Artistic Director Vans

August 18, 2025
Yu-Gi-Oh! x Nike Air Max 95, Siap Rilis 12 September

Yu-Gi-Oh! x Nike Air Max 95, Siap Rilis 12 September

August 17, 2025
Baju PDH Level Up: Cara Bikin Seragam Jadi Lebih Fashionable

Baju PDH Level Up: Cara Bikin Seragam Jadi Lebih Fashionable

August 17, 2025
Sneakers.co.id

Sneakers.co.id adalah web portal yang menyajikan Berita Informasi Review dan Rilis Model Sepatu Sneakers Terbaru dari Nike, Adidas, Asics, Vans, Reebok, Puma, Yeezy, Saucony, Jordan, Piero, dll

  • Kebijakan Privasi
  • Tentang Kami
  • Disclaimer

© since 2014 | PT Ads Media Collective - Created with coffee by digitalbisnis.id.

Join the Movement

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Sneakers To Work
Join the movement

© © 2014-2025 Sneakers.co.id - - Created with coffee by Digitalbisnis.id.