• Kebijakan Privasi
  • Tentang Kami
  • Disclaimer
Saturday, July 19, 2025
  • Login
Sneakers.co.id
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Join Sneakers To Work
No Result
View All Result
Sneakers.co.id
No Result
View All Result
Home Artikel

Sepatu Compass – Kisah Sukses Sepatu Gaib

sneakers.co.id by sneakers.co.id
May 23, 2025
in Artikel, Compass, Local Pride
Reading Time: 4 mins read
2
SHARES
6.7k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare On PinterestShare On WhatsappShare on Linkedin

Sneakers.co.id – Tahun 2020 sepertinya masih menjadi tahun nya sepatu Compass, brand sepatu dari Bandung ini, merupakan besutan Gunawan Kahar sejak tahun 1998. Compass sempat membuat kehebohan di skena sneakers dengan pembatalan rilis kolaborasi mereka dengan Potmeetspop dan Old Blue co karena banyaknya antrian dan berpotensi chaos.

Lebih dari itu, pengembangan strategi marketing sepatu Compass yang brilian, konon yang membawa mereka pada titik sekarang. Karena justru diawal kemunculannya, merek ini pernah mengalami stagnasi pengembangan produk. Walaupun sepertinya saat itu juga dialami semua produk lokal karena gempuran produk sepatu impor sejak awal tahun 2000-an.

[lwptoc]

Nah, buat kalian yang penasaran seperti apa perjalanan sepatu Compass, kali ini sneakers.co.id akan mengulas merek sepaatu yang sempat ddisebut sepatu gaib karena saking sulinya dicari di pasaran.

Sejarah Sepatu Compass

Pada periode awal berdiri yaitu 1998, merek Compass sempat alami masa berat. Terlebih saat itu selain bersaing dengan produk sepatu impor, kita juga mengalami krisis ekonomi. Kebangkitan Compass diawali pada 2017 ketika Aji Handoko sang creative director bergabung dan mengambangkan sisi kreatif dan strategi bisnis. Diyakini sosok Aji Handoko ada. dibalik suksesnya merek ini – seperti dilansir dari akun Youtube ‘Badass 23 Monkey’ 2019 lalu yang ternyata sejak kecil Aji sudah menyukai sepatu.

Aji Handoko

 

Aji Handoko bukan orang baru di industri sepatu, karyanya mulai dikenal luas sejak mendesain sepatu ARL. – saat itu Ariel NOAH menjadi ambassador. Konon ARL mengalami hambatan dalam hal produksi, selain itu. ekosistem industri sneakers bellum seperti sekarang.

Perjalanan sulit itu membawa Aji berjumpa dengan Kahar Gunawan, pemilik pabrik sepatu di Bandung yang bersedia memproduksi ARL. ARL dinilai berhasil dan membuat Gunawan dan Ajji menjalin kerja sama sejak 2017 untuk membangun kembali sepatu Compass yang sudah dimulai Gunawan sejak 1998.

Dilansir dari liputan 6 .com “Waktu itu pak Gunawan sudah hampir nyerah karena sering ditinggal rekan bisnisnya yang sudah sukses. Malahan istrinya sudah minta dia buat pensiun. Usaha terakhir pak Gunawan adalah berusaha menghidupkan kembali Compass karena ini adalah produksi dalam negeri dan diharapkan bisa sukses di negeri sendiri,” ujar Aji.

Aji mendapatkan kebebasan penuh mulai dari mendesain hingga membangun strategi marketing, Compass mulai meraih sukses pada 2018. Capaian ini tidak mengherankan, karena Aji merupakan pencinta sepatu sedari kecil. Bahkan, Aji kecil membawa sepatu saat tidur karena saking cintanya. Selain itu, buku gambarnya pun dipenuhi oleh gambar sepatu.

Kolaborasi Sepatu Compass

Keberhasilan Aji sepertinya bukan hanya pada produksi sepatu yang berkualitas. Keberhasilan merek Compass ada pada keberhasilannya membawa sepatu Compas sebagai simbol gaya hhidup yang sangat kuat. Jadi, seperti sekarang, sepatu Compass begitu dicari karena akhirnya ia bukan sekedar sepatu, tapi sudah menjadi simbol sneakershead yang memiliki #localpride.

Langkah-langkah pria kelahiran 31 tahun silam dalam membangun merek ini sangat terukur. Diawali dengan menghadirkan kolaborasi dengan sejumlah influencer dan sneakerhead Indonesia.Salah satunya adalah menggandeng Bryant Notodihardjo, influencer sekaligus social media manager L.O.C sehingga menghasilkan rilis Compass Bravo 001 .

Kolaborasi Compass yang menarik – bahkan bikin heboh – adalah desain untuk media komunitas denim, Darahku Biru. Dari kolaborasi dengan komunitas ini, muncul karya kolaborasi dengan Pot Meets Pop dan Compass 98 Vintage yang didesain oleh Old Blue Co.

Mengawali tahun 2020, mereka semakin memperkuat posisinya di skena sneakers dengan kolaborasi bersama Kelompok Penerbang Roket (KPR) – grup band asal jjakarta. Setiap versi dari kolaborasi ini didesain secara khusus menggambarkan kepribadian personel KPR yaitu Coki, Rey, dan juga Viki.

Bahkan kolaborasi ini memberikan pengalaman yang sangat lengkap karena peluncurannya sangat unik melalui tur Collaboration Meroket yang digelar di lima kota, yaitu Bandung, Surabaya, Makassar, Bali, dan Jakarta.

Sepatu Compass Sempat disebut sebagai Sepatu Gaib

Melejitnya sepatu Compass dan rentetan kolaborasi epic ini semakin mmemmbuat kompas semakin memmbanggakan. Seiring dengan itu, gerakan #IndoPride kemudian #Localpride sebagai wujud cinta produk lokal dan ekosistem dikampanyekan oleh komunitas juga sejumlah influencer membuat sepatu Compass semakin diburu.

Hingga pada satu titik muncul istilah Sepatu Gaib.

Mungkin karena banyak yang kesulitan ketika akan membeli sepatu ini.  Bagaimana tidak, pada setiap rilis tipe atau model terbaru sepatu Compass selalu habis dalam hitungan jam bahkan menit.

Strategi Produksi Sepatu Compass

Langkanya di pasaran, julukan sepatu gaib tampaknya justru karena Aji berusaha menjaga nilai perusahaan yang sudah berlaku belasan tahunn dari sepatu Compass sejak 1998. Spirit kekeluargaan tetap dipertahankan baik produksi maupun pemasaran. Sepertinya kekuatan brand sepatu Compass berawal dari sini.

Spirit dan nilai perusahaan inillah yang membawa Aji untuk menggunakkan tagline “Sepatu Rakyat” dan juga sebutan “Teman Compass” untuk pecinta sepatu ini. Aji dan manajemen perusahaan juga tidak mau langsung menaikan angka produksi melebihi kapasitas dan kemampuan sumber daya mereka, demi menjaga estafet perusahaan dari generasi ke generasi.

Kalau tahun lalu kapasitas produksinya sekitar 3000 pasang per bulan, saat ini kenaikan kapasitas produksi juga dibatasi 4500-5000 pasang per bulan. Strategi produksi ini dilakukan karena selain melihat kemampuan produksi, juga diharapkan standar kualitas sneakers yang dipasarkan tetap terjaga dan tidak mengecewakan teman Compass.

Nampaknya strategi ini sangat berhasil membawa sepatu Compass sebagai game changing untuk sepatu lokal.  Yup, kayaknya sebuah merek mendapatkan validasi ketika mereka memasuki permainan bisnis sneakers sepanjang masa. Resale!

Harga resale sepatu Compass bahkan bisa menembus angka 2 juta rupiah. Ga masuk akal? Tapi inilah ekosistem sneakers, semua merayakannya.

The Review

sneakers.co.id

sneakers.co.id

Sneakers.co.id selalu berbagi berita terkini, informasi, dan rilis model terbaru sepatu sneakers dari seluruh dunia. Mulai dari merk sepatu Adidas, Nike, Asics, Reebok, Air Jordan, Vans, hingga Piero, dll.

Instagram

Follow

  • As the founder of C.Tribe @ctribejkt and co-founder of @orbis_store Orbis, @adji_ctribe Adji blends creative hustle with cultural intuition; bridging brands, people, and purpose.

His go-to work attire? Loose denim, jackets, and always sneakers. Whether it’s beat-up Vans Old Skool or Nike SB Dunk Low, and everything in between.

For Adji, hustle isn’t just about pace, it’s about staying present and always pushing forward. #TheHustler #SneakersToWork
  • Here are some of the people who joined the movement. We saw your comments. We took notes. And now—we’re going through each one, even though we couldn’t cover them all. Thank you. We truly appreciate everyone who showed up and shared their take. Stay tuned. The next one’s coming. #UNBOXED #SneakersToWork
  • You cover more ground than you think. Rushing up platforms, dodging rain, catching trains, navigating cracked sidewalks. So make sure you wear sneakers that built for it.

#SneakersToWork
  • Welcome to the third episode of UNBOXED by Sneakers To Work! In this episode, we’re joined by a true sneakers enthusiast, Sadam, as we unbox a bold collab from the local scene: Kanky x SBTG.

From bouclé uppers to a striking military-inspired design, this pair doesn’t shy away from innovation. Dhimas and Sadam dive deep into why this collab stands out.

GIVEAWAY ALERT!
We’re giving one lucky winner a pair of Kanky x SBTG (Size 42)
Here’s how to join:
1. Follow @sneakerstowork.id @lokalconnect and @localbeast.id
2. Drop a comment: what local sneakers should we review next on UNBOXED?

Winner announced: July 18, 2025

#SneakersToWork #UNBOXED #KankySBTG #LocalSneakers #SneakerGiveaway
  • The lovely power couple @mdrmdjpt Madrim and @tghwcksn Teguh build platforms that reshape music, media, and culture in Indonesia; quietly, and purposefully. From Teguh as the founder of KRAPELA @krapela.live and Madrim the co-founder of @archipelago_festival Archipelago Festival, they create space for emerging voices to meet the world. Not just events, but ecosystems.

Their style? Always monochrome. Always minimalist. Clean lines, shades of black. His daily footwear: Paraboot Michael & Loewe Terra Suede. Hers: CamperLab Traktori Clog Scuba Jersey & Jill Sander Leather Mules. #SneakersToWork #TheHustler
  • Not your average Friday. Something fresh is about to drop tomorrow and yes, it could be yours.
Be here for tomorrow’s UNBOXED.
⁣
Supported by @localbeast.id & @lokalconnect
#SneakersToWork #Unboxed #GiveAway
  • For @sonoftia Sadam Dwi Satria, sneakers aren’t just about looks. Every pair he chooses tells a story. Maybe it’s the design, the mood of the day, or simply a reflection of the things he loves. As a video director, he needs sneakers that can keep up, but still carry personality.

Sneakers are the most honest way to show who he is. Comfortable, stylish, and always bringing the right kind of energy to get through the day. Because when the pair feels right, it’s like “Today’s it’s gonna be a good day.”

Follow @sneakerstowork.id and be part of the movement. #SneakersToWork
  • Kanky proves that local sneakers can compete without losing their identity and story. Founded by @alfonsusivankurniadi in 2019, Kanky produces 100% Indonesian-made shoes with two main lines: Fashion and Sportstyle, designed through research and storytelling to be comfortable, functional, and stylish for the younger generation. 

With a digital-first strategy through e-commerce, creative collaborations, and community engagement, Kanky has grown rapidly and become a meaningful choice among local sneakers.

In line with our movement, we believe sneakers are more than just style—they’re a way to express yourself and stay productive throughout the day.
#SneakersToWork #kankysportstyle
  • In today’s hybrid work culture, mobility is everything. @shandiandi understands this well. Her style reflects that mindset through a layered denim skirt, bold color shirt, and sneakers that are ready to take on a long day. It’s all about simpleness; just comfortable, effortless, and staying authentic. #peoplestyle #SneakersToWork 

Here’s what she’s wearing:
1. Junya Watanabe x Levi’s Layered Ruffle Denim Skirt
2. Good Goods Issey Miyake ‘BOX’ series
3. Comme des Garçons x Salomon SR901E

Recent News

Drake Tampilkan Tribute Elegan Buat Virgil Abloh Lewat Clock Chain Ala Cogsworth

Drake Tampilkan Tribute Elegan Buat Virgil Abloh Lewat Clock Chain Ala Cogsworth

July 18, 2025
Tom Holland Janjikan “Rasa Lama” di Film Spider-Man Terbaru, Brand New Day

Tom Holland Janjikan “Rasa Lama” di Film Spider-Man Terbaru, Brand New Day

July 18, 2025
Nike Kobe 9 “Moonwalker” Balik Lagi: Sepatu Hoops dengan Jiwa Pop Ikonik

Nike Kobe 9 “Moonwalker” Balik Lagi: Sepatu Hoops dengan Jiwa Pop Ikonik

July 18, 2025
Nike ReactX Rejuven8 “Hyper Royal”: Slide Santai Rasa Futuristik

Nike ReactX Rejuven8 “Hyper Royal”: Slide Santai Rasa Futuristik

July 18, 2025
Skateboard Jadi Simbol Perlawanan: “RESIST. RETURN. FREE PALESTINE.”

Skateboard Jadi Simbol Perlawanan: “RESIST. RETURN. FREE PALESTINE.”

July 17, 2025
Melly Mike Siap Bawa “Young Black and Rich” ke Pacu Jalur Riau Tanpa Bayaran

Melly Mike Siap Bawa “Young Black and Rich” ke Pacu Jalur Riau Tanpa Bayaran

July 17, 2025
Sneakers.co.id

Sneakers.co.id adalah web portal yang menyajikan Berita Informasi Review dan Rilis Model Sepatu Sneakers Terbaru dari Nike, Adidas, Asics, Vans, Reebok, Puma, Yeezy, Saucony, Jordan, Piero, dll

© since 2014 | sneakers.co.id - Created with coffee by digitalbisnis.id.

Join the Movement

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • FASHION
  • CULTURE
  • LIFESTYLE
  • HUSTLE
Sneakers To Work
Join the movement

© © 2014-2025 Sneakers.co.id - - Created with coffee by Digitalbisnis.id.